PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA KELAS IV SDN 9 KAMPUNGDALEM TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DIAH ATHANEGAR MEYLESIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0350

Abstract

Abstrak Diah Athanegar Meylesiani (12.1.01.10.0350) : pengaruh penerapan model Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan Menjelaskan Berbagai Energi Alternativ dan Cara Penggunaannya Kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: model Student Facilitator And Explaining, kemampuan Menjelaskan Berbagai Energi Alternativ dan Cara Penggunaannya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih tergolong kurang menarik dan monoton. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode konvensional, sehingga siswa mendapatkan hasil yang kurang baik karena siswa cepat merasa bosan ketika mendengarkan guru berceramah tentang materi yang sedang diajarkan. Hal tersebut Nampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan kemampuan kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah tanpa menggunakan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan kemampuan menjelaskan berbagai energy alternative dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan antara menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan tanpa menggunakan model Student Facilitator And Explaining dapat berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tulungagung. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan (1) hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan baik, nilai rata-rata yang diperoleh 83,39 berada diatas nilai KKM yang harus dicapai 75. (2) hasil belajar siswa tanpa menggunakan model belajar Student Facilitator And Explaining siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan kurang baik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 64,19. (3) Diperolehnya thitung > ttabel yaitu 6,407 > 1,999 pada taraf signifikan 5% dan nilai sign. (2 tailed) lebih dari 0,05 ( 0,994>0,05 ).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI