PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN PERUBAHAAN BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS V SDN GEMPOLAN KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ANGGI KUSUMAWARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0349
Abstract
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG
MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN
PERUBAHAAN BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS V
SDN GEMPOLAN KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI
TAHUN AJARAN 2015/2016
ANGGI KUSUMAWARDANI
12.1.01.10.0349
FKIP – PGSD
anggik240@gmail.com
Dosen Pembimbing 1
Drs. Darsono, M.Kom
Dosen Pembimbing 2
Dr. Suryo Widodo, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa guru jarang menggunakan media
pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM), sehingga berakibat pada rendahnya
pemahaman siswa. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa itu sendiri yang
kurang tertarik dengan pembelajaran IPA, Model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik
bagi siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan
bumi dan alam semesta yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di dukung
media gambar? (2) Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta yang
diajar menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tidak di dukung media gambar? (3)
Adakah perbedaan pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta antara yang diberi
pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar
dan yang menggunakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tanpa
media gambar?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan The Randomized Posttest Only Control
Group Design, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan
hipotesis maka digunakan uji t independent untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model TSTS
dengan media gambar dan model TSTS tanpa media gambar.
Hasil penelitian ini (1) Pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta dengan
menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar mencapai KKM (2)
Pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta dengan menggunakan model kooperatif
tipe Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar mencapai KKM (3) Ada perbedaan pemahaman
siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta antara yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar dan yang
menggunakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tanpa media
gambar.
Kata Kunci: Pemahaman Perubahan Bumi dan Alam Semesta, Two Stay Two Stray, Media Gambar