PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN PERUBAHAAN BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS V SDN GEMPOLAN KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANGGI KUSUMAWARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0349

Abstract

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN PERUBAHAAN BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS V SDN GEMPOLAN KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016 ANGGI KUSUMAWARDANI 12.1.01.10.0349 FKIP – PGSD anggik240@gmail.com Dosen Pembimbing 1 Drs. Darsono, M.Kom Dosen Pembimbing 2 Dr. Suryo Widodo, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa guru jarang menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM), sehingga berakibat pada rendahnya pemahaman siswa. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa itu sendiri yang kurang tertarik dengan pembelajaran IPA, Model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik bagi siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di dukung media gambar? (2) Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tidak di dukung media gambar? (3) Adakah perbedaan pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar dan yang menggunakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tanpa media gambar? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan The Randomized Posttest Only Control Group Design, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t independent untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model TSTS dengan media gambar dan model TSTS tanpa media gambar. Hasil penelitian ini (1) Pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar mencapai KKM (2) Pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar mencapai KKM (3) Ada perbedaan pemahaman siswa pada materi perubahan bumi dan alam semesta antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray didukung media gambar dan yang menggunakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray tanpa media gambar. Kata Kunci: Pemahaman Perubahan Bumi dan Alam Semesta, Two Stay Two Stray, Media Gambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI