Pengaruh Media Visual dalam Model Talking Stick Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan Pada Siswa Kelas V SDN Kebonrejo 1 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
ULFATUL QORI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0348
Abstract
ABSTRAK
ULFATUL QORIAH: Pengaruh Media Visual Dalam Model Talking Stick Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Karena Pelapukan Pada SiswaKelas V SDN Kebonrejo 1 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri TahunAjaran 2015/2016
Kegiatan pembelajaran merupakan hal yang paling utama, sehingga dalam pembelajaran guru harus memiliki proses pembelajaran yang efektif yaitu dengan pengembangan model dan media yang sesuai sehingga siswa akan lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran. Langkah yang harus digunakanya itu pengembangan model dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar model Talking Stick didukung media visual dan model Talking Stick tanpa didukung media.
Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas V A berjumlah 21 siswa diajar dengan model Talking Stick didukung media visual dan kelas V B berjumlah 21 siswa diajar dengan model Talking Stick tanpa didukung media. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Talking Stick didukung media visual dan model Talking Stick tanpa didukung media. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan Talking Stick didukung media yaitu 76,10 lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan model Talking Stick tanpa didukung media yaitu 69,00. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Talking Stick didukung media gambar 66,27% sedangkan yang diajar dengan model Talking Stick tanpa di media adalah 37,75%.
Kata Kunci : model pembelajaran Talking Stick, media visual, kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah