Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Pengertian Organisasi pada Siswa Kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

TANTYO WAHYU DESIRIYANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0347

Abstract

Abstrak Tantyo Wahyu Desiriyantoro: Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Pengertian Organisasi pada Siswa Kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci : model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan siswa kelas V SDN Purwodadi 1 dalam materi pengertian organisasi kurang sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru hanya menyuruh siswa untuk membaca dan menghafal materi pembelajaran. Selain itu siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif dalam menyampaikan ide-ide yang mereka miliki. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi sebelum menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi sesudah menggunakan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi pada siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Apakah model pembelajaran STAD mempengaruhi kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi pada siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen khususnya Pre-Ekperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Purwodadi 1. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai thitung (4,467) ttabel (2,763) dengan db 28 taraf signifikan 1% sebesar 2,763. Data tersebut menunjukkan bahwa thitung ? ttabel yaitu 4,467 ? 2,763, sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan 1% dan Ha terbukti benar. Dan nilai rata-rata sebelum perlakuan (72) < 75 (KKM) sedangkan nilai rata-rata sesudah perlakuan (82) > 75 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan mendeskripsikan pengertian organisasi pada siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI