Pengaruh Model Make a Match di dukung media Audio - Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pelajaran IPS pada siswa kelas 3 SDN SETREN tahun ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

JOKO BUDI UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0346

Abstract

Berdasarkan dari hasil pengamatan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas 3 SDN Setren yang mendapat nilai di atas kriteria kelulusan minimal tidak ada 75%. Guru masih menggunakan metode konvensional untuk mengajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan model Make a Match tanpa didukung media Audio-Visual pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019? (2) Adakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan model Make a Match didukung media Audio – Visual pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh model Make a Match didukung media Audio – Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019?.Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS 25 for windows. Dalam penelitian ini diperoleh nilai t hitung adalah 3.905 dengan signifikasi 0,000. Untuk ketuntasan di t tabel pada df=50 pada taraf signifikan 5% yaitu 1.675905 dalam artian t hitung 3.905> t tabel 1.675905 dan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil daripada 0.05 sehingga H0 ditolak, yang membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Make a Match didukung media Audio-Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019.

.

.

 

KATA KUNCI  :. Model Make a Match, Media Audio-Visual, memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah


Keyword

a

Reference

Arsyad.A. 2009. Media Pembelajaran. Depok:Rajawali Prees. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Djamarah.S.B. 2010. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.   

Soimin.A. 2014. 68 model pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiono. 2013. Metode penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade