Pengaruh Model Make a Match di dukung media Audio - Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pelajaran IPS pada siswa kelas 3 SDN SETREN tahun ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

JOKO BUDI UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0346

Abstract

Berdasarkan dari hasil pengamatan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas 3 SDN Setren yang mendapat nilai di atas kriteria kelulusan minimal tidak ada 75%. Guru masih menggunakan metode konvensional untuk mengajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan model Make a Match tanpa didukung media Audio-Visual pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019? (2) Adakah kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan model Make a Match didukung media Audio – Visual pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh model Make a Match didukung media Audio – Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019?.Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS 25 for windows. Dalam penelitian ini diperoleh nilai t hitung adalah 3.905 dengan signifikasi 0,000. Untuk ketuntasan di t tabel pada df=50 pada taraf signifikan 5% yaitu 1.675905 dalam artian t hitung 3.905> t tabel 1.675905 dan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil daripada 0.05 sehingga H0 ditolak, yang membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Make a Match didukung media Audio-Visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas 3 SDN Setren tahun ajaran 2018/2019.

.

.

 

KATA KUNCI  :. Model Make a Match, Media Audio-Visual, memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah


Keyword

a

Reference

Arsyad.A. 2009. Media Pembelajaran. Depok:Rajawali Prees. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Djamarah.S.B. 2010. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.   

Soimin.A. 2014. 68 model pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiono. 2013. Metode penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI