PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN SISWA KELAS IV SDN NGLABAN KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2015-2016


Author (Penulis)

ALPRIDA MEIDAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0344

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa pembelajaran IPA pada kelas IV di SDN Nglaban 2 dan SDN Nglaban 3 kabupaten Nganjuk masih menggunakan metode ceramah non interaktif. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selalu menekankan pada sistem hafalan materi pelajaran dan sumber belajar yang kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan nilai siswa menjadi kurang memuaskan. Permalasahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan pada siswa kelas IV? Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa mampu menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan nilai rata-rata 77,73 dan sig. (2-tailed) > 5%, yaitu sebesar 0,049. (2) Siswa mampu menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping dengan nilai rata-rata 84,55 dan sig. (2-tailed) > 5%, yaitu sebesar 0,000. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dibandingkan dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan dengan sig. (2-tailed) < 5%, yaitu sebesar 0,003. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan model Mind Mapping adalah untuk mengembangkan ide atau gagasan siswa secara tertulis dengan cara memetakannya secara kreatif, efektif dan menarik. (2) Model Mind Mapping cocok digunakan untuk pembelajaran IPA. Kata Kunci : Mind Mapping, kemampuan menjelaskan, perubahan lingkungan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI