PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG DI KELAS V SDN GEMPOLAN KECAMATAN GURAH TAHUN AJARAN 2015/2016.


Author (Penulis)

DICKY YUSIVASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0343

Abstract

ABSTRAK DICKY YUSIVASARI: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang Kelas V SDN Gempolan Kecamatan Gurah Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : Model NHT, media gambar, kemampuan mengidentifikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang kelas V SDN Gempolan masih mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan guru belum menentukan model pembelajaran dan media yang tepat untuk materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model Numbered Head Together (NHT) dan media gambar agar tujuan pembelajarannya tercapai. Dengan demikian diambil tiga rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan? (2) bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tanpa didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan? (3) adakah perbedaan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT didukung media gambar dan tanpa didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Randomized Matched Subjects Post Test Only dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Gempolan Kecamatan Gurah. Alah yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal uraian sebanyak 15 butir soal. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas VA dan VB. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan Kecamatan Gurah Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,65 (2) kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tanpa didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan Kecamatan Gurah Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 76,35 (3) terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) didukung media gambar dan tanpa didukung media gambar pada siswa kelas V SDN Gempolan Kecamatan Gurah Tahun Ajaran 2015/2016 dengan perbandingan rata-rata 82,65>76,35.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI