ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN IPA DENGAN KEBUTUHAN PEMBELAJARAN PADA KELAS IV SDN DUWET II KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

DEAN JOZE SILAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0340

Abstract

Abstrak Dean Joze Silas: Analisis Kesesuain Isi Buku Teks Siswa Mata Pelajaran IPA dengan Kebutuhan Pembelajaran pada Kelas IV SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupatan Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya buku teks yang selama ini digunakan dalam pembelajaran belum tentu memenuhi standar pendidikan.Oleh karena itu buku teks yang digunakan dalam pembelajaran harus dikaji dan dinilai kelayakannya. Jika buku tersebut tidak memenuhi standar dari BSNP, maka hal itu berdampak pada tidak optimalnya siswa dalam menyerap dan memahami konsep keilmuan yang terkandung di dalamnya. Akhirnya, dalam kegiatan pembelajaran, siswa akan mengalami kesulitan dalam mencapai capaian pembelajaran yang ditentukan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kelayakan isi / materi bukutekspelajaran IPAKelas IV di SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? (2) Bagaimanakah kebahasaandari bukutekspelajaran IPAKelas IV di SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? (3) Bagaimanakah penyajian dari bukutekspelajaran IPAKelas IV di SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? (4) Bagaimanakah kegrafikandari bukutekspelajaran IPAKelas IV di SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupaten Kediri? Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berusaha untuk melaporkan keadaan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan kelayakan buku teks pelajaran IPA SD. Objek penelitian ini adalah buku teks semester satu yang digunakan di kelas IV SDN Duwet II Kecamatan Wates Kabupatan Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kelayakan isi / materi buku teks ini sudah lengkap dan sesuai dengan indikator komponen kelayakan isi / materi(2) Kebahasaan buku teks ini sudah sesuai dengan kebutuhan berbahasa anak sekolah dasar dan kaidah berbahasa Indonesia yang benar. (3)Materi buku teks ini disajikan lengkap dan alur pembelajarannya sesuai dengan SK dan KD mata pelajaran IPA kelas IV. (4)Buku teks ini memenuhi indikator-indikator yang ada dalam komponen kegrafikan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, direkomendasikan : (1) Guru dapat menggunakan buku teks ini dalam proses belajar mengajar. Guru harus kreatif dalam megajar, terutama dalam pemberian soal karena buku ini kurang dalam memberikan soal pendalaman materi. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai acuan dalam melakukan penelitian yang sejenis dan mengembangkan penelitian ini untuk menemukan status kelayakan buku teks yang lain. Kata kunci: Buku teks IPA, kelayakan isi materi, kebahasaan, penyajian, kegrafikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI