PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN BENDA LANGIT SEMESTER II SISWA KELAS I SDN 1 SIDOMULYO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

IRMA NUGRAHENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0337

Abstract

Abstrak IRMA NUGRAHENI: Pengaruh Penggunaan Model Reward And Punishment (hukuman dan ganjaran) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Siswa Mendiskripsikan Benda Langit Semester II Kelas I SDN 1 Sidomulyo Kabupaten Tulungagung , SKRIPSI, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reward and Punishment, Media Visual, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA siswa di SDN 1 Sidomulyo masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Sehingga hasil pembelajaran IPA siswa tergolong masih rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Benda Langit siswa kelas I SDN I Sidomulyo Gondang Tulungagung sebelum diberi model pembelajaran reward and punishment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Benda langit siswa kelas I SDN I Sidomulyo Gondang Tulungagung setelah diberi model pembelajaran Reward and Punihsment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual? (3) Adakah pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Reward and Punishment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Benda langit kelas I SDN I Sidomulyo Gondang Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas I SDN 1 Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, lembar hasil belajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 42 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 21 siswa untuk kelas kontrol dan 21 siswa untuk kelas eksperimen. Bentuk instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa silabus, rpp dan lembar observasi. Sedangkan teknik analis data peneliti menggunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penelitian yang sudah dilakukan, hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Benda Langit siswa kelas I SDN I Sidomulyo Gondang Tulungagung sebelum diberi model pembelajaran reward and punishment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual tergolong rendah (nilai di bawah KKM). (2) Melalui penelitian yang sudah dilakukan, hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Benda Langit siswa kelas I SDN I Sidomulyo Gondang Tulungagung setelah diberi model pembelajaran reward and punishment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual meningkat dan motivasi belajar siswa lebih tinggi. (3) Melalui penerapan model pembelajaran reward and punishment (hukuman dan ganjaran) didukung media visual, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Benda Langit siswa kelas I SDN I Sidomulyo menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, dan hal itu dapat dilihat dari hasil t_hitung? t_tabel yaitu 2,44 dan 2,021.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI