Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. Hal ini dikarenakan guru kurang mampu memilih model yang sesuai dengan materi pembelajaran IPA. Untuk permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media visual dengan tujuan siswa mampu dalam mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. Berdasakan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemmapuan mediskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari menggunakan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh model Two Stay Two Stray dan media visual terhadap kemampuan mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest – Only Control Design. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Bajulan Nganjuk berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrument pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 mampu mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari karena nilai rata-rata siswa sebesar 84 ≥ KKM 70; (2) siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 kurang mampu mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari karena nilai rata-rata siswa sebesar 67 ≤ KKM 70; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 karena thitung 6,208 lebih besar dari ttabel 2,024 (6,208 ≥ 2,024).
Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika. Ombak: Yogyakarta
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda
Anggoro,M. Toha,dkk. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (cetakan 15). Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Gafindo Persada
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press
Candrasari, Erma. 2013. Perubahan Kenampakan Bumi. (Online), tersedia: http://ermacandrasi.wordpress.com/2013/10/08/perubahan-kenampakan-bumi/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6675369070, diunduh 18 Desember 2017
Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Djamarah dan Zein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineke Cipta
Evans, Jo, (Edit.). 2009. Ensiklopedia Sains Dan Teknologi (Alam Semesta Bumi Masa Prasejarah). Jakarta: PT Lentera Abadi
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Joyce, Bruce., Marsha Weil dan Emily Calhoun. 2016. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (online). Vol 1. No 2. http://ojs.unpkediri.ac.id/indek.php/pgsd/article/view/2013/138, diunduh 18 Juli 2018
Lie, Anita. 2010. Kooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah Pndekatan Baru (Agus Hikmat Syaf, Ed.). Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengambangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sanaky. 2009. Media Pengajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sudjana, Nana, dkk. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suhandi, Andi, dkk. 2007. Konsep Dasar Antariksa Untuk SD (cetakan kesatu). Bandung: UPI Press
Sukandarrumiddi. 2010. Bencana Alam dan Bencana Anthropogene: Petunjuk Praktis Untuk Menyelamatkan. Yogyakarta: Kanisius
Sulistyorini, Sri. 2007. Kurikulum KTSP. Bandung: Pustaka Utama
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Supriati, Amalia. 2008. KonsepPembelajaran IPA di SD. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowaty. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara