PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN POSISI BULAN DAN KENAMPAKAN BUMI DARI HARI KE HARI PADA SISWA KELAS IV SDN BAJULAN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YENNIA NUR FU'ADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0336

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. Hal ini dikarenakan guru kurang mampu memilih model yang sesuai dengan materi pembelajaran IPA. Untuk permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media visual dengan tujuan siswa mampu dalam mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. Berdasakan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemmapuan mediskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari menggunakan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh model Two Stay Two Stray dan media visual terhadap kemampuan mendiskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018?

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest – Only Control Design. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Bajulan Nganjuk berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrument pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 mampu mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari karena nilai rata-rata siswa sebesar 84 ≥ KKM 70; (2) siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 kurang mampu mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari karena nilai rata-rata siswa sebesar 67 ≤ KKM 70; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan  posisi bulan dan kenampakan bumi  dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Bajulan tahun ajaran 2017/2018 karena  thitung 6,208 lebih besar dari ttabel 2,024 (6,208 ≥ 2,024).


Keyword

a

Reference

Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika. Ombak: Yogyakarta

Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda

Anggoro,M. Toha,dkk. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (cetakan 15). Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Gafindo Persada

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press

Candrasari, Erma. 2013. Perubahan Kenampakan Bumi. (Online), tersedia: http://ermacandrasi.wordpress.com/2013/10/08/perubahan-kenampakan-bumi/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6675369070, diunduh 18 Desember 2017

Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Djamarah dan Zein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineke Cipta

Evans, Jo, (Edit.). 2009. Ensiklopedia Sains Dan Teknologi (Alam Semesta Bumi Masa Prasejarah). Jakarta: PT Lentera Abadi

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Joyce, Bruce., Marsha Weil dan Emily Calhoun. 2016.  Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (online). Vol 1. No 2. http://ojs.unpkediri.ac.id/indek.php/pgsd/article/view/2013/138, diunduh 18 Juli 2018

Lie, Anita. 2010. Kooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah Pndekatan Baru (Agus Hikmat Syaf, Ed.). Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengambangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sanaky. 2009. Media Pengajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sudjana, Nana, dkk. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suhandi, Andi, dkk. 2007. Konsep Dasar Antariksa Untuk SD (cetakan kesatu). Bandung: UPI Press

Sukandarrumiddi. 2010. Bencana Alam dan Bencana Anthropogene: Petunjuk Praktis Untuk Menyelamatkan. Yogyakarta: Kanisius

Sulistyorini, Sri. 2007. Kurikulum KTSP. Bandung: Pustaka Utama

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Supriati, Amalia. 2008. KonsepPembelajaran IPA di SD. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowaty. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI