PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DIDUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ULIA MARTA SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0333
Abstract
ABSTRAK
ULIA MARTA SAFITRI : Pengaruh model team assisted individualization
didukung media Audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan energi
panas dan bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SD Negeri Campurejo 2 Kota Kediri Program Studi PGSD FKIP UN
PGRI Kediri 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti, bahwa
pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada
guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjadi rendah. Salah satu upaya yang tepat digunakan yaitu penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media audio-visual.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan
mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan model team assisted individualization didukung media audio-visual pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan model team assisted individualization tanpa didukung media audio-visual pada siswa kelas IV
SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ? (3) Adakah
perbedaan menggunakan model team assisted individualization didukung media
audio-visual dengan model team assisted individualitation tanpa didukung media audio-visual terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan energi bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo 2, kelas A sebanyak 35 siswa diajar dengan menggunakan model team assisted
individualization didukung media audio-visual, dan kelas B sebanyak 35 siswa
diajar dengan menggunakan model team assisted individualization tanpa
didukung media. Parameter yang diukur adalah rata-rata dan ketuntasan hasil belajar. Ratarata dan ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization didukung media audio-visual berturut-turut 84,28 dan 94,1 % lebih baik daripada yang diajar menggunakan model team assisted individualization tanpa didukung media audio-visual yaitu 72,57 dan 77,1 %.
Kata Kunci : Model team assisted individualization, media audio-visual,
mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat-sifatnya