PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEMPLENG KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

TUTUT RETNO PURNANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0332

Abstract

Abstrak Tutut Retno Purnani : Pengaruh Model Teams Games Turnament (TGT) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Pada Siswa Kelas IV SDN Kempleng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: TGT, Gambar, Kemampuan, Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan observasi di SD didapatkan bahwa pada saat pembelajaran guru menerapkan pembelajaran ceramah. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Dengan diterapkannya model TGT didukung dengan media gambar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mendeskripsikan daur hidup hewan serta meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengungkapkan pengaruh model Teams Games Turnament (TGT) didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Kempleng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. 2) Untuk mengungkapkan pengaruh model Teams Games turnament(TGT) tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Kempleng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. 3) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh antara menggunakan model Teams Games Turnament (TGT) didukung media gambar dibanding dengan model Teams Games Turnament (TGT) tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Kempleng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis t-test (Paired Simple t-test) untuk hipotesis 1 dan 2 serta teknik analisis t-test (Independence Simple t-test) digunakan untuk hipotesis 3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model TGT didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan, hal ini terbukti dengan t_h = 11,6 > t_(t 1%)2,756 dengan ketuntasan klasikal 95 % (2) Penggunaan model TGT tanpa didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan, hal ini terbukti dengan t_h = 9,86 > t_(t 1%)2,756 dengan ketuntasan klasikal 61,67 % (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model TGT didukung media gambar dibandingkan dengan penggunaan model TGT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan, dengan keunggulan penggunaan model TGT didukung media gambar, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu t_h = 5,0694 > t_(t 1%)2,660 dan hasil perbandingan rata-rata kelompok eksperimen 86,4 > rata-rata kelompok kontrol 74,1.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI