PENGARUH MODEL PROBLEM POSING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGLURAH KEC.POGALAN KAB.TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUDIARTI WAHYU UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0330

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya dalam proses pembelajaran minat siswa menjadi kurang, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga tingkat pencapaian siswa cenderung rendah.Permasalahan penelitian ini adalah 1) Apakah Model Problem Posing didukung media Gambar berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Kec. Pogalan Kab.Trenggalek 2015/2016? 2) Apakah Model Problem Posing tanpa didukung media Gambar berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Kec. Pogalan Kab.Trenggalek 2015/2016? 3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan Model Problem Posing didukung media Gambar dibanding dengan Model Problem Posing tanpa didukung media Gambar terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Kec. Pogalan Kab.Trenggalek 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kedunglurah Kec.Pogalan Kab.Trenggalek yang terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen (24 orang) dan kontrol (24 orang). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah soal pretest dan posttest yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model problem posing didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Kec.Pogalan Kab.Trenggalek, terbukti dengan hasil th=16.730>tt1%= 2,807 (dengan ketuntasan sebesar 85,42%) ; (2) penggunaan model problem posing tanpa didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa IV SDN Kedunglurah Kec.Pogalan Kab.Trenggalek, terbukti dengan hasil th = 9,592 > tt1%= 2,807 (dengan ketuntasan 65,42%); Ada perbedaan pengaruh antara model problem posing didukung media gambar dibanding model problem posing tanpa didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa IV SDN Kedunglurah Kec.Pogalan Kab.Trenggalek, dengan hasil perhitungan th=3,190> tt1%=2,687 dengan keunggulan pada penggunaan model problem posing didukung media gambar. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 85,83 lebih besar dibanding rerata kelompok control 77.00. Kata Kunci : Model Problem Posing, Media Gambar, Bilangan Bulat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI