Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Campurejo 2 Tahun Pelajaran 2016/2017
Author (Penulis)
EVIANA NAWANGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0329
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPs di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kediri. 2) untuk mengetahui kemampuan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia yang diajar dengan model pembelajaran time token pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kediri. 3) untuk mengetahui adanya perbedaan antara pembelajaran model pembelajaran ekspositori dengan model pembelajaran time token terhadap kemampuan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Campurejo 2 Kediri.
Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Campurejo 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian kelas kontrol yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas V-A SDN Campurejo 2 sejumlah 46 siswa. Dan kelas eksperimen yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas V SDN campurejo 2 sejumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Berdasarkan nilai analisis menggunakan uji t-tes pada hipotesis 3 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,694 > 2,632), maka H0 ditolak. Kesimpulannya adalah “ada perbedaan antara model pembelajaran ekspositori dengan model pembelajaran time token terhadap kemampuan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada bagi guru dapat menggunakan model pembelajaran time token yang terbukti dapat berpengaruh terhadap kemampuan menghargai jasa dan peranan tokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia sehingga diharapkan guru dapat memilih media dan model pembelajaran yang tepat dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
.
Kata kunci: Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia