ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI BENDA PADAT DAN BENDA CAIR YANG ADA DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIDUKUNG MEDIA NYATA DAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS II SDN PUNCU 2 KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

YOSSA PUTRI PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0328

Abstract

ABSTRAK YOSSA PUTRI PERTIWI : Analisis Perbedaan Kemampuan Mengidentifikasi Ciri-Ciri Benda Padat Dan Cair Yang Ada Dilingkungan Sekitas Pada Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Didukung Media Nyata Dan Media Visual Pada Siswa Kelas II SDN Puncu 2 kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Team assisted individualization, media nyata, mengidentifikasi benda. Hasil belajar siswa kelas II SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri pada materi mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada dilingkungan sekitar masih rendah. Karena guru lebih memilih menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada dilingkungan sekitar didukung media nyata dan media visual pada siswa kelas II SDN Puncu 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini ndilakukan secara eksperimental menggunakan teknik penelitian Postest-Only Control Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Puncu 2 yang diajar dengan model TAI didukung media nyata berjumlah 33 siswa, dan 32 siswa diajar dengan model TAI didukung media visual. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa dan prosentase. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media nyata 83,93 dan 68,90 siswa yang diajar menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media visual. Begitu juga dengan prosentase hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media nyata adalah 81,8% dan 56,2% siswa yang diajar menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI