Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V di SDN Bujel tahun pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

DIAN TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0326

Abstract

Dian Tri Wahyuni: Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V di SDN Bujel tahun pelajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan , Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016, Pembimbing : (1) Wahid Ibnu Zaman., S.Pd. M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Sugiono, M. M. Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran pada materi penerapan sifat-sifat cahaya yang masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Bujel Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 (2) kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SDN Bujel Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 (3) perbedaan pengaruh metode demonstrasi dan metode ceramah terhadap kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bujel Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Bujel Kabupaten Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimetal dengan desain penelitian pretest posttest group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok yang lain tidak yaitu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes subjektif. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, post test dan test akhir berupa uraian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16.00. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa kelas V SDN Bujel Kabupetan Kediri tahun 2015/2016, mampu menerapkan sifat-sifat cahaya dengan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.6 diperoleh persentase nilai di atas KKM sebanyak 58,3%. (2) Siswa kelas V SDN Bujel Kabupetan Kediri tahun 2015/2016, mampu menerapkan sifat-sifat cahaya dengan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.5 diperoleh persentase nilai diatas KKM sebanyak 100%. (3) Ada perbedaan pengaruh metode demonstrasi dan metode ceramah terhadap kemampuan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bujel Kabupetan Kediri tahun 2015/2016. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.9 hasil uji independent t-test, diperoleh t hitung adalah 4.356 dengan signifikasi 0,000. Untuk ketuntasan di t tabel pada df = n-k = 48-2 = 46 pada taraf signifikasi 5% yaitu 2.01290. Pada tabel diperoleh t hitung yaitu 4.774 sehingga berlaku t hitung ? t tabel. Perbedaan koefisien pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 28,75 %. Kata kunci : Penerapan, Metode demonstrasi, Kemampuan, Penerapan sifat-sifat cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI