PENGARUH METODE GUIDED TEACHING DENGAN MODEL PAIR CHEKS TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO IV KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

MUHAMAD HANGGA FERDIANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0325

Abstract

ABSTRAK Muhamad, Hangga, Fediansyah. 2017. Pengaruh Metode Guided Teaching Terhadap Kemampua Mendeskripsikan pengaruh perubahan kenampakan bumi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto IV Tahu ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti di SDN Mojoroto IV kota Kediri yan menunjukkan bahwa guru masih cenderung menggunakan model konvensional dalam pembelajaran selain itu guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran pada saat melakuka pembelajaran dan juga tanpa menggunakan model model pembelajaran yang inovatif. Sehingga sisw semakin pasif, sulit memahami konsep/materi. Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode ceramah dengan mode Konvensional terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kela IV SDN Mojororto IV ? (2) Adakah pengaruh metode guided teaching dengan model pair chek terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Mojororto IV ? (3) Adakah perbedaan pengaruh metode guided teaching dan model pair chek terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Mojororto IV ? Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental menggunakan desain penelitia Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subye penelitiannya siswa kelas IV SDN Mojoroto IV. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan dat menggunakan tes uraian dan analisis data menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaa metode guided teaching berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan perubahan kenampaka bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, terbukti dengan hasil th = 3,415> tt 1% = 1,740 (2 penggunaan metode guided teaching berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan perubaha kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, terbukti dengan hasil th = 4,886 > tt 1% = 1,729 (3) Ada perbedaan pengaruh antara metoded guided teahing dengan model pair cheks dibandin metode model konvensional dengan metode ceramah terhadap kemampuan mendiskripsika perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, dengan hasil perhitungan th = 4.976 > tt 1% = 1,684 dengan keunggulan pada penggunaan metode guided teaching dengan mode pair cheks. Hal ini terbukti dari mean Kelas Eksperimen (77,80) lebih besar dari mean kelas Kontro (68,94). Kata Kunci: Metode guided teaching. Model pair cheks. Kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI