PENGARUH METODE GUIDED TEACHING DENGAN MODEL PAIR CHEKS TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO IV KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
MUHAMAD HANGGA FERDIANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0325
Abstract
ABSTRAK
Muhamad, Hangga, Fediansyah. 2017. Pengaruh Metode Guided Teaching Terhadap Kemampua
Mendeskripsikan pengaruh perubahan kenampakan bumi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto IV Tahu
ajaran 2016-2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti di SDN Mojoroto IV kota Kediri yan
menunjukkan bahwa guru masih cenderung menggunakan model konvensional dalam pembelajaran
selain itu guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran pada saat melakuka
pembelajaran dan juga tanpa menggunakan model model pembelajaran yang inovatif. Sehingga sisw
semakin pasif, sulit memahami konsep/materi.
Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode ceramah dengan mode
Konvensional terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kela
IV SDN Mojororto IV ? (2) Adakah pengaruh metode guided teaching dengan model pair chek
terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN
Mojororto IV ? (3) Adakah perbedaan pengaruh metode guided teaching dan model pair chek
terhadap kemampuan mendekripsikan materi perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN
Mojororto IV ?
Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental menggunakan desain penelitia
Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subye
penelitiannya siswa kelas IV SDN Mojoroto IV. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN
Mojoroto 4 sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan dat
menggunakan tes uraian dan analisis data menggunakan t-tes.
Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaa
metode guided teaching berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan perubahan kenampaka
bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, terbukti dengan hasil th = 3,415> tt 1% = 1,740 (2
penggunaan metode guided teaching berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan perubaha
kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, terbukti dengan hasil th = 4,886 > tt 1% =
1,729 (3) Ada perbedaan pengaruh antara metoded guided teahing dengan model pair cheks dibandin
metode model konvensional dengan metode ceramah terhadap kemampuan mendiskripsika
perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mojoroto IV, dengan hasil perhitungan th =
4.976 > tt 1% = 1,684 dengan keunggulan pada penggunaan metode guided teaching dengan mode
pair cheks. Hal ini terbukti dari mean Kelas Eksperimen (77,80) lebih besar dari mean kelas Kontro
(68,94).
Kata Kunci: Metode guided teaching. Model pair cheks. Kemampuan mendeskripsikan
perubahan kenampakan bumi