PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

RINTA SESARIN PRIPANTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0324

Abstract

ABSTRAK RINTA SESARIN PRIPANTIN. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci :Take and Give, Media Gambar, Cara pencegahan kerusakan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Sumber belajar lebih banyak dari guru dan buku IPA saja. Siswa menjadi bosan dan tidak dapat menguasai materi dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Take and Give didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa Kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun 2015/2016? (2) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Take and Give tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun 2015?2016? (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara menggunakan Model Pembelajaran Take and Give didukung media gambar dibanding Model Pembelajaran Take and Give tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, siswa kelas IV SDN Sukorame 1 dan SDN Sukorame 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:(1)Penggunaan Model pembelajaran Take and Give didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 88,6% terbukti dari nilai thitung(12,170)>ttabel1%(2,715). (2)Penggunaan Model pembelajaran Take and Give tanpa didukung media gambar tidak berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 65,8%, terbukti dari nilai thitung(8,552)>ttabel1%(2,715). (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Take and Give didukung media gambar dibanding model Take and Give tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri dengan keunggulan pada Model Take and Give didukung media gambar. Terbukti dari nilai thitung(3,781)>ttabel1%(2,715). Nilai rerata kelas eksperimen dibanding kelas kontrol yaitu 86,18 > 78,95.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI