PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PADA SISWA KELAS IV SDN. PEHKULON KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LELLY NI'MATUL AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0323

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model think talk write (TTW) didukung media visual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Think Talk Write didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelas IV SDN Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Apakah model pembelajaran Think Talk Write tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelas IV SDN Pehkulon Kecamatan Papar Kupabaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah ada perbedaan pengaruh model Think Talk Write didukung media visual dibanding dengan model Think Talk Write tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelas IV SDN Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Pehkulon Kecamatan Papar berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Think Talk Write didukung media visual dan IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Think Talk Write tanpa didukung media visual. Penelitian ini menggunakan instrument berupa perangkat pembelajaran, tes unjuk kerja dan teknik analisis yang digunakan adalah t-test.Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Think Talk Write (TTW) didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelas IV SDN Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, dengan ketuntasan klasikal 75 %. Hal ini terbukti dari nilai th = 15,274 > tt 1% = 2,861. (2) Model Think Talk Write (TTW) tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelas IV SDN Pehkulon Kec. Papar Kab. Kediri Kecamatan Papar Kabupaten Kediri dengan ketuntasan klasikal 65 %. Hal ini terbukti dari nilai th = 13,220 > tt 1% = 2,861 (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Talk Write didukung media visual dibanding dengan model Think Talk Write tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menulis surat pada siswa kelompok IV SDN Pehkulon Kec. Papar Kab. Kediri, dengan keunggulan pada pengaruh penggunaan model Think Talk Write didukung media visual. Hal ini terbukti dari nilai th = 11,331 > tt 1% = 2,712 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen 78,35 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 62,75. Kata kunci: Model Think Talk Write (TTW), Media Visual, Kemampuan Menulis Surat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI