PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
CITRA INTAN PARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0320
Abstract
Abstrak
Abstrak
Citra Intan Parlina : Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Menjelaskan Berbagai Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SDN Burengan 1 Kediri.
Kata Kunci : Model pembelajaran Take and Give, kemampuan menjelaskan, energi alternatif dan cara penggunaannya.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti di SDN Burengan 1 Kediri yang menunjukkan bahwa guru masih cenderung menggunakan model konvensional dalam pembelajaran, selain itu guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran pada saat melakukan pembelajaran dan juga tanpa menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif. Sehingga siswa semakin pasif, sulit memahami konsep/materi karena hanya menghafal teori, mudah bosan, dan kehilangan konsentrasi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian KKM dalam kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 sebelummenggunakan model Take and Give.(2) Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian KKM kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 setelah menggunakan model Take and Give. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pre-exsperimental menggunakan desain penelitian One Group Pretes-Posttes Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yaitu siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan analisis data menggunakan t-tes.
Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya sebelum menggunakan model pembelajaran take and give pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal23,525%; (2) Kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya setelah menggunakan model pembelajaran take and give pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal93,56%; (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran take and give terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri, dengan hasil perhitungan th = 14,480> tt 1%= 2,660