PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (EROSI, ABRASI, BANJIR, DAN LONGSOR) KELAS IV SDN BERBEK I KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ROSI RIANA DEWINTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0318

Abstract

ABSTRAK Rosi Riana Dewinta: Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan (Erosi, Abrasi, Banjir, dan Longsor) Kelas IV SDN Berbek I Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT), Media Visual, Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan (Erosi, Abrasi, Banjir, Dan Longsor). Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh strategi konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor). 2) Mengetahui pengaruh strategi Guided Note Taking didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor). 3) Mengetahui perbedaan pengaruh strategi konvensional dibanding strategi Guided Note Taking didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, dan longsor). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Berbek I dan SDN Berbek II Kabupaten Nganjuk. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Strategi Konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) Kelas IV SDN Berbek II Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015-2016 dengan ketuntasan klasikal 69,60% (2) Strategi Guided Note Taking didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) kelas IV SDN Berbek I Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015-2016 dengan ketuntasan klasikal 83,00% (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan strategi Konvesional dibanding dengan strategi Guided Note Taking didukung media Visual terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) pada siswa kelas IV SDN Berbek I dan II Tahun Pelajaran 2015-2016, dengan keunggulan pada penggunaan strategi Guided Note Taking didukung media visual. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata Post-test yang diperoleh pada penggunaan strategi Konvensional adalah 69,60. Sedangkan nilai rata-rata Post-test pada penggunaan strategi Guided Note Taking didukung media Visual adalah 83,00% Dengan deskripsi nilai rata-rata kelompok kontrol lebih kecil dibanding kelompok eksperimen yaitu 69,60<83,00.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI