PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V DI SDN SEMANDING TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
SHILVIANA IKA CHRISTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0316
Abstract
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI MENDISKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V DI SDN SEMANDING TAHUN 2015/2016
SHILVIANA IKA CHRISTANTI
12.1.01.10.0316
FKIP-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ika93christan@gmail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd dan Drs. Darsono, M.Kom
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang masih belum optimal. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru, dan ini berakibat pula terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Siswa membutuhkan pembelajan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigation alternatif yang dipilih untuk meningkatkan pemahaman siswa pada matapelajaran IPA.
Berdasarkan permasalahan diatas, rumusan masalah yang dikembangkan adalah “Apakah ada pengaruh pemahaman siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model pembelajaran konvensional pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Semanding Kab. Kediri tahun ajaran 2015/2016?”
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pemberian tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah “ada pengaruh kemampuan siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Semanding Kab. Kediri tahun ajaran 2015/2016. Kesimpulan ini didasarkan dari uji satistik data melalui uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan nilai t hitung 5.103 berarti lebih besar dari t tabel taraf signifikan 5% maupun 1% dengan taraf signifikan 5% adalah 2.009 berarti 5.103 ? 2.009.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : tujuan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah untuk mengembangkan kemampuan belajar siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenagkan. Guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif Group Investigation sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.
KATA KUNCI : Group Investigation, Pemahaman siswa