PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA OBJEK NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAYA, GERAK DAN ENERGI SISWA KELAS V SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MAS'ULA NURHIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0315
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar masih mempunyai kelemahan dimana guru memberikan penekanan terlalu besar pada
faktor ingatan dan masih sngat kurang praktikum. Sehingga membuat siswa bosan dan berdampak pada
hasil belajarnya yang rendah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah metode pembelajaran demonstrasi
didukung media objek nyata berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi
siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah metode pembelajaran
demonstrasi tanpa didukung media objek nyata berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya,
gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah
perbedaan pengaruh menggunakan model pembelajaran demostrasi didukung media objek nyata
dibanding dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi tanpa didukung media objek nyata
terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota
Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Control Group Design dan
pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri. Populasi
penelitian ini sebanyak 42 siswa dan sampel juga menggunakan 42 siswa menggunakan sampling jenuh
karena jumlah populasinya kurang dari 100.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran
demonstrasi didukung media objek nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi
siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan (1)
kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun
ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan baik, nilai rata-rata yang diperoleh 80,1 berada di atas KKM yang
harus dicapai 75. (2) kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi menggunakan metode
demonstrasi tanpa didukung media objek nyata siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun ajaran
2015/2016 dapat dinyatakan kurang baik, nilai rata-rata yang diperoleh 66,9. (3) Diperolehnya thitung > ttabel
yaitu 5,872 > 2,021 pada taraf signifikan 5%.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Media Objek Nyata, Kemampuan Mendeskripsikan
Gaya, Gerak dan Energi.