PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA OBJEK NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAYA, GERAK DAN ENERGI SISWA KELAS V SDN SUKORAME 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MAS'ULA NURHIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0315

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih mempunyai kelemahan dimana guru memberikan penekanan terlalu besar pada faktor ingatan dan masih sngat kurang praktikum. Sehingga membuat siswa bosan dan berdampak pada hasil belajarnya yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah metode pembelajaran demonstrasi didukung media objek nyata berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah metode pembelajaran demonstrasi tanpa didukung media objek nyata berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh menggunakan model pembelajaran demostrasi didukung media objek nyata dibanding dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi tanpa didukung media objek nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Control Group Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri. Populasi penelitian ini sebanyak 42 siswa dan sampel juga menggunakan 42 siswa menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasinya kurang dari 100. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran demonstrasi didukung media objek nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan (1) kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan baik, nilai rata-rata yang diperoleh 80,1 berada di atas KKM yang harus dicapai 75. (2) kemampuan mendeskripsikan gaya, gerak dan energi menggunakan metode demonstrasi tanpa didukung media objek nyata siswa kelas V SDN Sukorame 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan kurang baik, nilai rata-rata yang diperoleh 66,9. (3) Diperolehnya thitung > ttabel yaitu 5,872 > 2,021 pada taraf signifikan 5%. Kata kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Media Objek Nyata, Kemampuan Mendeskripsikan Gaya, Gerak dan Energi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI