PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN WONOREJO KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

VIONA FORCEONE AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0312

Abstract

Abstrak Viona Forceone Agustina: Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: examples non examples, ekspositori, kemampuan, mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan observasi awal di Sekolah Dasar yang didapatkan bahwa guru kurang mengenal macam-macam model pembelajaran dan pembelajaran IPA di SD masih berpusat pada guru. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif, suasana kelas monoton, membosankan dan tidak bisa berpikir kritis. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah di bawah ketuntasan belajar minimal yang diharapkan. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan menggunakan model examples non examples pada siswa kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pengaruh kemampuan mendeskripsikan cara pecegahan kerusakan lingkungan dengan menggunakan model ekspositori pada siswa kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model examples non examples terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan memberikan tes kepada siswa berupa pre-test dan post-tes dengan memberikan instrument berupa 15 soal uraian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori sudah berhasil atau dinyatakan menguasai. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 80,88 (KKM=75). (2) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dinyatakan berhasil atau menguasai. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 89 (KKM=75). (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari perolehan t hitung sebesar 3,504 lebih besar dari t tabel yaitu 2,0017 dan signifikasi 0,001 lebih kecil dari 0,05 ( taraf signifikasi 5%).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI