PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN PADA SISWA KELAS V SDN NGRONGGO 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MARTHA INDRA FITRIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0310
Abstract
Abstrak
Martha Indra Fitrianingsih: Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Mengenal Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Pada Siswa Kelas V SDN Ngronggo 3 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci : Model Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Kontekstual, Mengenal Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran guru hanya menerapkan metode ceramah dan hanya menghafal, sehingga kelas menjadi pasif, monoton, dan cenderung membosankan. Hal ini tersebut mengakibatkan Kemampuan Mengenal siswa belum tercapai secara maksimal.
Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal kenampakan alam dan buatan sebelum menggunakan model Team Assisted Individualizatian (TAI) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Ngronggo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan mengenal kenampakan alam dan buatan sesudah menggunakan model Team Assisted Individualizatian (TAI) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Ngronggo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Ngronggo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik True Experimenta Design. Populasi penelitian ini adalah siswa V SDN Ngronggo 3 kelas kontrol 20 siswa, kelas eksperimen 20. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes obyektif.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Adapun analisis data dengan menggunakan uji t berdasarkan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji t pada kelas eksperimen diperoleh sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan (0.000 < 0.05 ) dengan demikian H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan. Pada kelas kontrol diperoleh sig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan (0.000 < 0.05 ) dengan demikian H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan. Pada uji t independen diperoleh t hitung (5.561) < t tabel (0.396) demikian H0 ditolak, maka ada pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan hasil penelitian ini ada pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Kontekstual terhadap kemampuan mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V SDN Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.