Pengaruh Media Video Dalam Metode demonstrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2015-2016


Author (Penulis)

SELVIA GUSTINA HERMANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0308

Abstract

Abstrak Selvia Gustina Hermanti: Pengaruh Media Video Dalam Metode demonstrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V Sdn Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri,2016 Kata kunci : media video, metode demonstrasi, cahaya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Kedunglurah menggunakan media video dalam metode demonstrasi? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Kedunglurah tanpa menggunakan media video dalam metode demonstrasi? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan media video dalam metode demonstrasi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Kedunglurah Tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas Kontrol dan eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Kedunglurah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tindakan, menggunakan instrumen RPP, lembar obervasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) melalui penelitian pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif menerapkan media video dalam metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. (2) melalui penelitian media video dalam metode demonstrasi terbukti membantu siswa memahami materi sifat-sifat cahaya. (3) melalui penelitian media video dalam metode demonstrasi terbukti membantu siswa meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya. Berdasarakan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media video dalam metode demonstrasi adalah untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan agar siswa menjadi aktif. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana demonstrasi. (2) Guru harus meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah media video dalam metode demonstrasi sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI