PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAYA MENGUBAH GERAK BENDA PADA SISWA KELAS 4 SDN BLEBER KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017.


Author (Penulis)

MEILINDA WAHYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0306

Abstract

Abstrak Meilinda Wahyuningtyas: Pengaruh metode pembelajatran demonstrasi terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas IV SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata kunci: Metode pembelajaran demonstrasi, metode pembelajaran ceramah, gaya mengubah gerak benda. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pegamatan peneliti, bahwa kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah yang kurang mampu mengaktifkan siswa. Sehingga aktifitas siswa hanya terpaku pada penjelasan guru. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian KKM SDN Bleber yang masih tergolong rendah yaitu dari 50 siswa yang mencapai KKM 40% dan sisanya 60% belum mencapai KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas 4 SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017? (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas 4 SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017? (3) untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran demonstrasi dibanding metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas 4 SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik Eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest control group Desaign dan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri yang terdiri dari 25 siswa (kelompok eksperimen) dan 25 siswa (kelompok kontrol) yang ditentukan dengan grup sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen untuk mengukur kemampuan siswa adalah pre-test dan post-test yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan Apakah penggunaan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas 4 SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari th = 16,737 > tt 1%= 2,797 (dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,8%); (2) Apakah penggunaan metode pembelajaran ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya mengubah gerak benda pada siswa kelas 4 SDN Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari th = 12,035 > tt 1%= 2,797 (dengan ketuntasan klasikal 55%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran demonstrasi bibanding metode pembelajaran ceramah Kediri, dengan keunggulan pada metode pembelajaran demonstrasi terbukti dengan hasil th = 5,828 > tt1% = 2,704. Keunggulan pada metode pembelajaran demonstrasi terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 85,44 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 75,20.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI