PENGARUH MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PRINSIP PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

FARIDATUL OKTAVIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0302

Abstract

ABSTRAK FARIDATUL OKTAVIANI: Pengaruh Model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Prinsip Pesawat Sederhana Pada Kelas V SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci :Model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR),media gambar, Pesawat sederhana Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut membuat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Permasalahan peneltian ini adalah Apakah model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? (2) Apakah model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) tanpa didukung mediagambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model Auditory, Intelectually,Repetition (AIR) didukung media gambar dibanding model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan teknik Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Menggunakan pendekaan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji T. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Auditory, intelectualy, repetition (AIR) didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas VA SDN Sambi 1 Kecamatan Ringuinrejo Kabupaten Kediri, terbukti dengan hasil t_h= 10,063>t_(t 1%) = 2,861 (dengan ketuntasan sebesar 86,5%) ; (2) Penggunaan model pembelajaran Auditory, intelectualy, repetition (AIR) tanpa didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas VB SDN Sambi Kecamatan Ringuinrejo Kabupaten Kediri, terbukti dengan hasil t_h= 7,222>t_(t 1%) = 2,845 (dengan ketuntasan 73%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Auditory, intelectualy, repetition (AIR) didukung media gambar dibanding model pembelajaran Auditory, intelectualy, repetition (AIR) tanpa didukung media gambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan prinsip pesawat sederhana pada siswa kelas VA dan VB SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, dengan hasil perhitungan t_h= 3,309>t_(t 5%) = 2,712 dengan keunggulan pada penggunaan model Auditory, intelectualy, repetition (AIR) didukung media gambar. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 83,25 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 75,60.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI