PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG ALAT PRAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT SUATU KARYA ATAU MODEL, MISALNYA PERISKOP ATAU LENSA DARI BAHAN SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERWINDU 1 . NGANJUK TA 2015/2016


Author (Penulis)

PUTHUT PRIA LAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0301

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitasklasikal dengan dominasi peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya hasil belajar rendah pula. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan membuat suatu karya / model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Sumberwindu 1 Nganjuk TA 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan membuat suatu karya / model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya menggunakan metode eksperimen dan alat praktik pada siswa kelas V SDN Sumberwindu 1 Nganjuk TA 2015/2016 ? (3) Adakah perbedaan penggunaan metode eksperimen dengan menggunakan alat praktik dengan menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan membuat suatu karya / model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN sumberwindu 1 Nganjuk TA 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas V SDN Sumberwindu 1 Kabupaten Nganjuk. Dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa. Dari hasil penelitian di dapatkan ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan siswa dalam membuat suatu karya / model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Sumberwindu 1 Kabupaten Nganjuk. hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata sebelum perlakuan 77,91dan nilai rata-rata setelah perlakuan 86,91 Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V yang menggunakan metode eksperimen di dukung alat praktik dengan yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan (1) kepada para guru agar dalam mengajar menggunakan metode eksperimen didukung alat praktik, karena sudah terbukti bahwa metode eksperimen didukung alat praktik berpengaruh positif bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Agar para guru dalam mengajar selalu menggunakan berbagai macam model atau strategi pembelajaran, media pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan agar dapat mencapai keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.. KATA KUNCI : metode eksperimen membuat suatu karya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI