PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SDN 2 DANDANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FRANTI GARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0300

Abstract

ABSTRAK FRANTI GARINI: Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas V SDN 2 Dandangan Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan struktur bumi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN 2 Dandangan tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan struktur bumi yang diajar dengan model pembelajaran make a match pada siswa kelas V SDN 2 Dandangan tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN 2 Dandangan tahun ajaran 2015/2016? Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Dandangan Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Dandangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial dengan menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa F hitung untuk indeks prestasi adalah 0.435 dengan probabilitas 0.514, dan nilai keseluruhan rata-rata menggunakan model pembelajaran Konvensional (68,75) dan rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran make a match (72,25). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 kurang mampu mendeskripsikan struktur bumi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) Siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 mampu mendeskripsikan struktur bumi yang diajarkan dengan model pembelajaran Make A Match. (3) Ada pengaruh penggunakan model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI