PENGARUH MODEL TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI DALAM KEGIATAN MENGENAL PAHLAWAN TANPA TANDA JASA PADA KELAS IV DI SDN NGRONGGO 8 TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

MAULIDA KUNCAHYANI W.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0298

Abstract

PENGARUH MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUANMENGGALI INFORMASI DALAM KEGIATAN MENGENAL PAHLAWAN TANPA TANDA JASA PADA KELAS IV DI SDN NGRONGGO 8 TAHUN AJARAN 2015-2016 Maulida Kuncahyani Waluyo 12.1.01.10.0298 FKIP– PGSD Maulidacahyani43@gmail.com Drs. Heru Budiono, M.Pd. dan Nur Salim, S.Pd., M.H. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh keaktifan dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya pembelajaran berlangsung dengan suasana kelas pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak pada siswa lebih banyak diam ketika mendapat pertanyaan dari guru yang pada akhinya proses pembelajaran berlangsung statis. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pengaruh model konvensional dapat meningkatkan kemampuan menggali informasi dalam kegiatan mengenal pahlawan tanpa tanda jasa padakelas IV di SDN Ngronggo 8?. (2) Apakah pengaruh model Team Game Tournament dapat meningkatkan kemampuan menggali informasi dalam kegiatan mengenal pahlawan tanpa tanda jasa pada kelas IV di SDN Ngronggo 8?.(3) Apakahadaperbedaanpengaruh antara menggunakan model pembelajaran team game tournament dibanding dengan menggunakan model konvensional terhadap kemampuan menggali informasi dalam kegiatan mengenal pahlawan tanpa tanda jasa pada kelas IV di SDN Ngronggo 8? Penelitian ini menggunakan penerapan model pembelajaran dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ngronggo 8, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desainini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan dengan model konvensional, kelompok kedua diberikan perlakuan denganmodel team game tournament. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menggali informasi dalam mengenal pahlawan tanpa tanda jasa pada kelas IV SDN Ngronggo 8 diketahui bahwa siswa kelas kontrol yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu sebanyak 14 siswa dengan prosentase 52,2%, sedangkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 9 siswa dengan prosentase 47,8%. (2) Kemampuan menggali informasi dalam mengenal pahlawan tanpa tanda jasa pada kelas IV SDN Ngronggo 8 diketahui bahwa siswa kelas eksperimen yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu sebanyak 5 siswa dengan prosentase 21,7%, sedangkan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 18 siswa dengan prosentase 78,3%. (3) Ada perbedaan Pengaruh penggunaan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Team game tournament terhadap kemampuan menggali informasi dalam mengenal pahlawan tanpa tanda jasa pada kelas IV SDN Ngronggo 8 dengan membandingkan nilai rata-rata antara penggunaan model Konvensional dengan model Team Game Tournamentyaitu(67,17 < 81,08). Kata Kunci : model konvensional, model Team Game Tournament, menggali informasi, pahlawan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI