PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP PADA SISWA KELAS V SDN MOJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RIZKA YUNITA DARMA'ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0296
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses
pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri
tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup, masih dominan dengan
pembelajaran ceramah saja. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan
mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
tanpa menggunakan model jigsaw didukung media visual? (2) Bagaimana kemampuan
mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
dengan menggunakan model jigsaw didukung media visual? (3) Adakah pengaruh model
pembelajaran jigsaw didukung media visual dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran
jigsaw didukung media visual terhadap kemampuan mengindentifikasi penyesuaian diri tumbuhan
dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup? Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian Pretest-Posttest Group Kontrol Tidak Secara Random. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah Spss 16 for Windows menggunakan uji-t
pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis pada hipotesis pertama nilai rata-rata kelas VB setelah
melakukan pretest tanpa model pembelajaran Jigsawdidukung media visual (62,50) ? KKM dan nilai
kelas VB setelah melakukan post test (73,65) ? KKM. Pada hipotesis kedua nilai rata-rata kelas VA
setelah melakukan pretest dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw didukung media visual
(73,65) ? KKM dan nilai kelas VA setelah melakukan posttest (85,96) ? KKM menunjukkan adanya
peningkatan. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini adalah: (1) tujuan penggunaan model jigsaw
didukung media visual adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dengan
berkelompok. Oleh karena itu guru harus mengutamakan proses yang mendukung tercapainya suasana
belajar yang menyenangkan. (2) guru masih perlu manambah wawasan tentang model-model
pembelajaran maupun media-media selain model jigsaw dengan media visual.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual, Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian
diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup