PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP PADA SISWA KELAS V SDN MOJO TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIZKA YUNITA DARMA'ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0296

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup, masih dominan dengan pembelajaran ceramah saja. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup tanpa menggunakan model jigsaw didukung media visual? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model jigsaw didukung media visual? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran jigsaw didukung media visual dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw didukung media visual terhadap kemampuan mengindentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pretest-Posttest Group Kontrol Tidak Secara Random. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah Spss 16 for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis pada hipotesis pertama nilai rata-rata kelas VB setelah melakukan pretest tanpa model pembelajaran Jigsawdidukung media visual (62,50) ? KKM dan nilai kelas VB setelah melakukan post test (73,65) ? KKM. Pada hipotesis kedua nilai rata-rata kelas VA setelah melakukan pretest dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw didukung media visual (73,65) ? KKM dan nilai kelas VA setelah melakukan posttest (85,96) ? KKM menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini adalah: (1) tujuan penggunaan model jigsaw didukung media visual adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dengan berkelompok. Oleh karena itu guru harus mengutamakan proses yang mendukung tercapainya suasana belajar yang menyenangkan. (2) guru masih perlu manambah wawasan tentang model-model pembelajaran maupun media-media selain model jigsaw dengan media visual. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual, Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI