PENGARUH MODEL PEMBELJARAN COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SDN BANJARAN V KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NUR LAILI SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0291

Abstract

ABSTRAK NUR LAILI SAFITRI : Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa kelas V SDN Banjaran V Kota Kediri , Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD, guru lebih dominan menggunakan metode Ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga menjadikan siswa menjadi kurang tertarik dan kurang fokus saat pelajaran IPA, Salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi tersebut dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu model course review horay didukung dengan media audio visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaiman kemampuan mendeskripsikan srtuktur bumi sebelum menerapkan model pembelajaran Course Review Horay di dukung dengan media audio visual pada siswa kelas V SDN Banjaran V kota kediri tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan struktur bumi dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay di dukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Banjaran V tahun pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model Course Review Horay didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Banjaran V Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimen dengan teknik test post test . Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Banjaran V Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini Kemampuan mendeskripsikan struktur bumi menggunakan model Course review Horay tanpa didukung media audio visual dapat mencapai KKM melalui analisis uji t. Dalam penelitian ini siswa yang mencapai KKM sebesar 34,7%. (2) Kemampuan mendeskripsikan struktur bumi menggunakan model Course review Horay) didukung media audio visual dapat mencapai KKM melalui analisis uji t. Dalam penelitian ini siswa yang mencapai KKM sebesar 78.1%. (3) Ada pengaruh penggunaan model Course review Horay) didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi di SDN Banjaran V. Dari hasil analisis di atas dapat diketahui bahwa Sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0.000, maka berdasarkan kriteria jika sig. Hitung < 0.05 maka H0 ditolak sehingga dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model model Course review Horay) didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi. Kata kunci : Model Course Review Horay dan media Audio Visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI