PENGARUH METODE PARTISIPATORI DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN BUNGA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN CAMPUREJO II KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIKMA PUSPADEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0289

Abstract

ABSTRAK RIKMA PUSPADEWI : Pengaruh Metode Partisipatori didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Bunga dengan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN Campurejo II Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran yang masih aktif adalah peran guru dan masih menggunakan media gambar pada buku saja. Guru belum menggunakan metode pembelajaran yang sesuai khususnya pada materi bunga dengan fungsinya. Guru hanya menggunakan metode ceramah, kemudian menyuruh siswa membaca buku yang ada, tidak memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya, tidak menggunakan media yang menarik bagi siswa, dan guru hanya menggunakan media gambar pada buku yang ada. Akibatnya siswa belum menguasai materi yang disampaikan. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya menggunakan metode partisipatori tanpa didukung media tiga dimensi? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya dengan menggunakan metode partisipatori didukung media tiga dimensi? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode partisipatori didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo II. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya menggunakan metode partisipatori tanpa didukung media tiga dimensi pada siswa kelas IVB SDN Campurejo II Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 masih belum tercapai secara maksimal dan nilai kurang dari KKM (75); (2) Kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya menggunakan metode partisipatori didukung media tiga dimensi pada siswa kelas IVA SDN Campurejo II Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 meningkat dan nilai lebih dari KKM (75); (3) Ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode partisipatori didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan hubungan bunga dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Campurejo II Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini diketahui dari nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,26 > 1,663 dengan taraf signifikan 5%. Kata kunci : Metode Partisipatori, Media Tiga Dimensi, Kemampuan Menjelaskan Hubungan Bunga dengan Fungsinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI