PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KUTOREJO I KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

YANUARI NUNGKI KUSUMANING ARUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0288

Abstract

Abstrak YANUARI NUNGKI KUSUMANING ARUM, Pengaruh Model Creative Problem Solving Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Energi Alternatif Dan Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SDN Kutorejo I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Model Creative Problem Solving, Media Gambar, Mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya Penelitian dilakukan dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDN Kutorejo I menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV semester 2 SDN Kutorejo I cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran cenderung konvensional. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Apakah model Creative Problem Solving didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Kutorejo I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk?(2)Apakah model Creative Problem Solving tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Kutorejo I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk? (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model Creative Problem Solving didukung media gambar dibanding dengan model Creative Problem Solving tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Kutorejo I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini adalah Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttes Design dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kutorejo I. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model Creative Problem Solving tanpa didukung media gambar dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan model Creative Problem Solving didukung media gambar dengan analisis data uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1)Penggunaan model Creative Problem Solving didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (12,703) > t tabel 1% (2,756) dengan ketuntasan klasikal 86,5 % ; (2)Penggunaan model Creative Problem Solving tanpa didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (9,618) > t tabel 1% (2,756) dengan ketuntasan klasikal 2,17 % ; (3)Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan terhadap penggunaan model Creative Problem Solving didukung media gambar terhadap mendeskripsikan berbagai energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Kutorejo I Kec. Kertosono Kab. Nganjuk. Hal ini terbukti dari nilai t hitung (10,749) > t tabel 1% (2,660) yang berarti sangat signifikan. Dengan keunggulan pada model Creative Problem Solving didukung media gambar yang terbukti dari nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (85,83 > 62,46)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI