PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
DEWI PURWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0287
Abstract
Dewi Purwati : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SD Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2015.
Kata kunci : Think Talk Write, Kemampuan mendeskripsikan
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang masih belum optimal. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru, dan ini berakibat pula terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Siswa membutuhkan pembelajan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan demikian model pembelajaran Think Talk Write alternatif yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Berdasarkan permasalahan diatas, rumusan masalah yang dikembangkan adalah “Apakah ada perbedaan kemampuan siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran konvensional pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Pawyatana Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016?”
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pemberian tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah “ada perbedaan kemampuan siswa dalam pembelajaran kooperatif Think Talk Write pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 kesimpulan ini didasarkan dari uji satistikdata melalui uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan nilai t hitung 4.801 berarti lebih besar dari t tabel taraf signifikan 5% maupun 1% dengan taraf signifikan 5% adalah 2.011 berarti 4.801 ? 2.011.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : tujuan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write adalah untuk mengembangkan kemampuan belajar siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang menyenagkan. Guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif Think Talk Write sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.