PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN BILANGAN YANG HASILNYA BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NINDY DWI ADRYATIKA MAHFIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0286

Abstract

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN BILANGAN YANG HASILNYA BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2015/2016 Nindy Dwi Adryatika Mahfiroh 12.1.01.10.0286 FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) e-mail: nindydwi33@yahoo.com Wahid Ibnu Zaman dan Sugiono UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah pada saat proses pembelajaran guru hanya menyampaikan materi secara singkat dan memberi peserta didik soal-soal tanpa menjelaskan lebih lanjut. Hal seperti ini membuat peserta didik kebingungan untuk menyelesaikan masalah terkait dengan materi yang telah diajarkan, sehingga terlihat peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran. Kondisi pembelajaran seperti itu, kurang menumbuh kembangkan pemikiran peserta didik dan dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Sebagai usaha untuk mencari jalan keluar dari kesulitan guna mencapai suatu tujuan belajar adalah dengan Metode pembelajaran Problem Solving Model Polya . Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode problem solving model polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan yang hasil bilangan sampai dua angka pada siswa kelas II di SDN Burengan I Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah tanpa menggunakan metode problem solving model polyadapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan pada siswa kelas II di SDN Burengan I Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada pengaruh antara menggunakan metode problem solving model polyadibanding dengan tanpa menggunakan metode problem solving model Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan pada siswa kelas II di SDN Burengan I Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh peserta didik kelas 2 SDN Ploso Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan SDN Burengan I Kota Kediri yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas 2A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving Model Polya dan 2B sebagai kelas kontrol dengan tanpa menggunakan metode pembelajaran Problem Solving Model Polya dengan analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) “Metode Problem Solving Model Polya berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita yang hasil bilangannya sampai dua angka,3+ hal ini terbukti dari nilai th=16.748>tt 1% =2.831 pada taraf signifikansi 1%. (2) “Tanpa metode problem solving Model Polya berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan yang hasilnya sampai dua angka, hal ini terbukti dari nilai th=7.163>tt 1% =2.831. (3) “Ada pengaruh antara penggunaan metode problem solving Model Polya dibanding tanpa menggunakan metode problem solving Model Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan yang hasilnya sampai dua angka, hal ini terbukti dari nilai th=10.584>tt5% =2.021 Dengan keunggulan pada penggunaan metode pembelajaan problem solving Model Polya hal tersebut terbukti dari nilai frekuensi tertinggi post-test pada kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran Problem solving Model Polya nilai frekuensi 95-100 sebanyak 45.45 % sedangkan kelompok kontrol tanpa menggunakan metode pembelajaran Problem solving Model nilai frekuensi 80-85 sebanyak 9.19% .Dengan demikian 45.45% > 9.19%. Kata Kunci: Metode pembelajaran Problem Solving Model Polya, Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Bilangan yang hasilnya bilangan sampai dua angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI