PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN MOJOROTO 6 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ABDUL HARIS AL MUBAROK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0285
Abstract
ABSTRAK
Abdul Haris Al Mubarok: PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN MOJOROTO 6 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament serta Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model teams games tournament didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Mojoroto 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana pengaruh model teams games tournament tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Mojoroto 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh antra menggunakan model teams games tournament didukung media gambar dibanding dengan model teams games tournament tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Mojoroto 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Mojoroto 6. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis).
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model teams games tournament didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (12,583) > t tabel (2.093) pada taraf signifikan 5% ; (2) penggunaan model teams games tournament tanpa didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya, hal ini terbukti dari nilai t hitung (8,718) > t tabel (2.093) pada taraf signifikan 5% (3) Terdapat perbedaan pengaruh model teams games tournament didukung media gambar dibanding dengan model teams games tournament tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Mojoroto 6 Kota Kediri. Hal ini terbukti dari nilai t hitung (4,757) > t tabel (2,024) pada taraf signifikan 5% yang berarti signifikan. dengan keunggulan pada model teams games tournament didukung media gambar.