PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT- SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN SAMBIREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
GIKA PUTRI NARISTAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0284
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih
didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan
hanya mendengarkan penjelasan guru. Selain itu siswa akan merasa bosan dan cenderung enggan
memfokuskan perhatian pada suatu pembelajaran. Hal tersebut nampak pada hasil belajar siswa yang
rendah, yaitu di bawah KKM.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seperti apakah kemampuan mendeskripsikan sifat- sifat
cahaya dengan metode tanya jawab didukung media visual? (2) Seperti apakah kemampuan
mendeskripsikan sifat- sifat cahaya dengan metode eksperimen didukung media visual? (3) Adakah
perbedaan menggunakan metode eksperimen didukung media visual dibanding dengan menggunakan
metode tanya jawab didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat- sifat cahaya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen
dengan desain penelitian pretest- posttest control group. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang
masing-masing dipilih secara random. Kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan dan
kelompok eksperimen yang diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
menggunakan tes subjektif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengaruh penggunaan metode tanya jawab didukung
media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya mencapai ketuntasan klasikal
75% dengan rata-rata kelas 72,50. (2) pengaruh penggunaan metode eksperimen didukung media visual
terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya mencapai ketuntasan klasikal 75% dengan
rata-rata 83,00.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan metode
eksperimen didukung media visual adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dengan
melakukan percobaan secara berkelompok. Oleh karena itu guru harus mengutamakan proses yang
mendukung teciptanya suasana belajar yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu menambah wawasan
tentang metode-metode pembelajaran maupun model-model pembelajaran selain metode eksprimen
yang lebih sesuai dengan materi pembelajaran.
.