PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT- SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN SAMBIREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

GIKA PUTRI NARISTAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0284

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Selain itu siswa akan merasa bosan dan cenderung enggan memfokuskan perhatian pada suatu pembelajaran. Hal tersebut nampak pada hasil belajar siswa yang rendah, yaitu di bawah KKM. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seperti apakah kemampuan mendeskripsikan sifat- sifat cahaya dengan metode tanya jawab didukung media visual? (2) Seperti apakah kemampuan mendeskripsikan sifat- sifat cahaya dengan metode eksperimen didukung media visual? (3) Adakah perbedaan menggunakan metode eksperimen didukung media visual dibanding dengan menggunakan metode tanya jawab didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat- sifat cahaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain penelitian pretest- posttest control group. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan dan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes subjektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengaruh penggunaan metode tanya jawab didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya mencapai ketuntasan klasikal 75% dengan rata-rata kelas 72,50. (2) pengaruh penggunaan metode eksperimen didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya mencapai ketuntasan klasikal 75% dengan rata-rata 83,00. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan metode eksperimen didukung media visual adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dengan melakukan percobaan secara berkelompok. Oleh karena itu guru harus mengutamakan proses yang mendukung teciptanya suasana belajar yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu menambah wawasan tentang metode-metode pembelajaran maupun model-model pembelajaran selain metode eksprimen yang lebih sesuai dengan materi pembelajaran. .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI