PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING DI DUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SDN NGADILUWIH II TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

ZUMROTUL MUWAHIDINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0283

Abstract

Zumrotul Muwahidina : Pengaruh Strategi Active Learning didukung Media Kartu Bilangan Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika kelas 4 SDN Ngadiluwih II Tahun Ajaran 2015 / 2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : Active Learning, kartu bilangan, melakukan operasi perkalian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran matematika yang belum berjalan secara efektif dan efisien karena adanya faktor kemampuan guru dalam mengajar ada yang kurang bisa dalam memilih strategi dan media pembelajaran yang tepat dengan materi yang disampaikan serta kualitas hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab 1) apakah dengan menerapkan strategi active learning didukung media kartu bilangan pada pembelajaran matematika, prestasi belajar matematika siswa kelas 4 pada pokok bahasan melakukan operasi perkalian, 2) apakah dengan menerapkan strategi active learning tanpa didukung media kartu bilangan pada pembelajaran matematika, prestasi belajar matematika siswa kelas 4 pada pokok bahasan melakukan operasi perkalian, 3) apakah ada perbedaan kemampuan melakukan operasi perkalian menggunakan strategi active learning yang didukung media kartu bilangan di banding dengan strategi active learning tanpa didukung media kartu bilangan terhadap pembelajaran matematika kelas 4 pokok bahasan melakukan operasi perkalian dapat ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas 4 SDN Ngadiluwih II sebagai kelas eksperimen dan kelas 4 SDN Ngadiluwih III sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa perangkat pembelajaran dan test (post-test dan pre-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) ada perbedaan antara menggunakan strategi active learning didukung media kartu bilangan pada pembelajaran matematika melakukan operasi perkalian yaitu nilai kriteria ketuntasan minimum siswa saat post test pada kelas eksperimen 86, 2) ada perbedaan penggunakan strategi active learning tanpa didukung media kartu bilangan pada pembelajaran matematika melakukan operasi perkalian yaitu nilai kriteria ketuntasan minimum siswa saat post test pada kelas kontrol 78, 3) terdapat perbedaan dengan menggunakan strategi active learning didukung media kartu bilangan dengan strategi active learning tanpa didukung media kartu bilangan pada pembelajaran matematika melakukan operasi perkalian terhadap kemampuan melakukan operasi perkalian dapat dilihat dari penggunaan taraf signifikan 5% diperoleh df 47 dan sig. (2-tailed) = 0,009 < taraf signifikan 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI