PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BABADAN 2 KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YUNI SULISTIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0282

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SDN Babadan 2. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah dan kegiatan praktik seadanya. Guru dirasakan kurang memperhatikan sikap peserta didik serta media yang digunakan kurang menarik peserta didik sehingga siswa bosan, pasif dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran take and give tanpa didukung media visual pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran take and give didukung media visual pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran take and give didukung media visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Eksperimen semu. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes dan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu mencari rata-rata dan uji t. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran take and give tanpa didukung media visual pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dikategorikan rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 47,25 yang berada di bawah nilai KKM. (2) Kemampua mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran take and give didukung media visual pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 85,75 yang berada di atas nilai KKM. (3) Ada pengaruh model pembelajaran take and give didukung media visual terhadap siswa dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel = 5% maka analisa hasil pengujian hipotesis bahwa hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikan 5% yang berarti kerja (Ha) yang diajukan terbukti benar. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Take and Give, Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI