Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kemampuan Membuat Karya/Model Untuk Menunjukkan Perubahan Energi Gerak Akibat Pengaruh Udara Siswa Kelas IV SDN Rembang I Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

SRI UTAMI WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0279

Abstract

Sri Utami Wahyuningsih : Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kemampuan Membuat Karya/Model Untuk Menunjukkan Perubahan Energi Gerak Akibat Pengaruh Udara Siswa Kelas IV SDN Rembang 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : model quantum, membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa banyak siswa yang menganggap IPA sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara dengan model pembelajaran langsung? (2) Bagaimanakah kemampuan membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara dengan model pembelajaran Quantum? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap kemampuan membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara? Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas paralel dimana kelas A adalah kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas B adalah kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitiannya menggunakan eksperimen semu pre test dan pasca test. Teknik penelitian yang diambil adalah One Sample T-test dan Independent Sample T-test. One Sample T-test Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model Quantum terhadap kemampuan membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara siswa kelas IV SDN Rembang I Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 Hal ini dibuktikan diperoleh pada hasil nilai rata-rata yakni 80,00>56,03 yang mana 80,00 merupakan perlakuan model Quantum dan 56,03 adalah model pembelajaran langsung. Dalam hal ini terbukti bahwa model pembelajaran Quantum memberikan dampak positif pada siswa dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan membuat karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara siswa kelas IV .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI