Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SDN Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
DEFID WAHYU JUNIARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0276
Abstract
Defid Wahyu Juniardi : Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SDN Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : model contextual teaching and learning, mendeskripsikan penampakan bumi, ilmu pengetahuan alam.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa banyak siswa yang menganggap IPA sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi menggunakan model Contextual Teaching and Learning? (2) Bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi menggunakan model pembelajaran konvensional? (3) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi? (4) Bagaimana kemampuan guru menerapkan model Contextual Teaching and Learning? (5) Bagaimana aktifitas siswa selama pembelajaran menggunakan model Contectual Teaching and Learning?
Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas paralel dimana kelas A adalah kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas B adalah kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitiannya menggunakan eksperimen Posttest Only Control Design dengan teknik penelitian yang diambil adalah True Experimental Control Design.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Mojo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah untuk mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karateristik siswa.