PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

INTAN MEKAR PRAMUDYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0272

Abstract

ABSTRAK INTAN MEKAR PRAMUDYA : Pengaruh Model StudentTeams Achievement Divisions (STAD) Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Manusia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Pengaruh, model student teams achievement divisions, media gambar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran yang masih aktif adalah peran guru dan tidak menggunakan media gambar. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai khususnya pada materi Fungsi Organ Pernapasan Manusia. Guru hanya menggunakan metode ceramah, kemudian menyuruh siswa membaca buku yang ada, tidak memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya, dan tidak menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa. Akibatnya siswa kurang menguasai materi yang disampaikan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia tanpa menggunakan model pembelajaran STAD dan media gambarpada siswa kelas V SDN Baleturi 1 dan 2 Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisionsdan media gambar pada siswa kelas V SDN Baleturi 1 dan 2 Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia pada siswa kelas V Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Baleturi 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia tanpa menggunakan model pembelajaran STAD dan media gambar siswa kelas V SDN Baleturi 1 dikategorikan kurang maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 66. (2) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan media gambar siswa kelas V SDN Baleturi 2 dikategorikan sudah maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 82,5. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dan media gambar terhadap kemampuan meengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SDN Baleturi 2. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 5,40 dan ttabel Db 58 sebesar 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan 5% dan Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI