STUDI KOMPARASI STRATEGI LEARNING CYCLE DENGAN STRATEGI CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN JONGBIRU KEC. GAMPENGREJO KAB. KEDIRI
Author (Penulis)
ORISZA HARUISARTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0271
Abstract
ABSTRAK
ORISZA HARUISARTIKA, STUDI KOMPARASI STRATEGI LEARNING CYCLE DENGAN STRATEGI CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KELAS IV SDN JONGBIRU KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI, SKRIPSI, PGSD, UN PGRI KEDIRI 2016
Kata Kunci : strategi learning cycle, strategi circuit learning, mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan
Penelitian dilakukan dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDN Jongbiru menunjukkan kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru ini cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi learning cycle terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015-2016. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi circuit learning terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015-2016. (3) Untuk membuktikan perbedaan pengaruh antara strategi learning cycle dibanding strategi circuit learning terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015-2016.
Penelitian ini adalah Nonrandomized Control Group Pretest-postest Design dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan Strategi circuit learning dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan Strategi learning cycle dengan menggunakan analisis data uji t-tes.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi learning cycle berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil t hitung (14,457) > t tabel 1% (2,457), dengan ketuntasan klasikal 90,7%; (2) Strategi circuit learning berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji paired sample t-test menghasilkan t hitung (7,014) > t tabel 1% (2,441), dengan ketuntasan klasikal 77,3%; (3) Ada perbedaan pengaruh antara strategi learning cycle dibanding strategi circuit learnin terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri dengan keunggulan pada strategi learning cycle. Hal ini terbukti dari hasil menghasilkan t hitung (2,440) > t tabel 1% (2,387), dengan keunggulan pada strategi learning cycle yang terbukti dari nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (89,3> 83,7).