PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN II JATIMULYO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANGGI WINDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0270

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga kurang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari sifat-sifat cahaya karena guru belum menggunakan metode maupun media pembelajaran yang menarik siswa sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru hanya mengandalkan buku pegangan akibatnya minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan proses penemuan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa metode penemuan terbimbing didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan metode penemuan terbimbing didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 2015/2016? (3) Adakah pengaruh metode penemuan terbimbing didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas V SDN Jatimulyo. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal uraian sebanyak 15 butir soal pretest dan postest. Soal tersebut diberikan kepada kelas V A sebagai kelas kontrol dan V B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil bahwa nilai thitung sebesar 9.501.Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2.527 (taraf signifikasi 1%) maka dengan demikian dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.Karena Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode penemuan terbimbing didukung media konkret pada siswa kelas V SDN Jatimulyo 2015/2016”. Kata kunci: Metode penemuan terbimbing, media konkret, sifat-sifat cahaya, hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI