PENGARUH MODEL DIRECTIVE LEARNING DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT - SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN CAMPUREJO 2 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

KOMARIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0269

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional, kondisi tersebut menjadikan minat belajar siswa rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat untuk digunakan yaitu model directive learning dan media realia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model directive learning didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah model directive learning tanpa didukung media berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model directive learning didukung media realia dibanding dengan metode directive learning tanpa didukung media terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest Control Group Design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN Campurejo 2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran directive learning tanpa didukung media realia dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran directive learning didukung media realia. Data-data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan progam SPSS. Kesimpulan hasil analisis data penelitian ini adalah (1) Penggunaan Model directive learning didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat–sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (9,944) > ttabel 1% (2,708) dengan ketuntasan klasikal 84,25%. (2) Penggunaan Model Directive learning tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat–sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (4,034) > ttabel 1% (2,708) dengan ketuntasan klasikal 21,25%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Directive learning didukung media realia dibanding metode directive learning tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat – sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Campurejo 2 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, hal ini terbukti dari nilai thitung (9,505) > ttabel 1% (2,640) dengan keunggulan pada metode directive learning didukung media realia, hal ini terbukti dari nilai rerata postest pada penggunaan model directive learning didukung media realia adalah 82,2500 lebih besar dari nilai rerata posttest pada penggunaan model directive learning tanpa didkung media realia adalah 67,2250. Kata kunci: Model directive learning, media realia, sifat-sifat cahaya, kemampuan mendeskripsikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI