PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DIDUKUNG MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA, PROVINSI, DAN HUBUNGANNYA DENGAN KERAGAMAN SOSIAL SERTA BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SDN SUMBERAGUNG IV PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MOCHAMMAD JADID AHSAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0268
Abstract
ABSTRAK
Mochammad Jadid Ahsan : Pengaruh Model Quantum Learning Didukung Media Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kenampakan Alam di Lingkungan Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Hubungannya Dengan Keragaman Sosial Serta Budaya Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Sumberagung IV Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci: Quantum Learning, media lingkungan sekitar, kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam, keragaman sosial budaya.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Sumberagung IV diketahui bahwa kebiasaan guru dalam pembelajaran yang langsung memberikan materi kepada siswa tanpa memberi tahu terlebih dahulu konsepnya. guru cenderung menggunakan model ceramah dari pada mengaktifkan siswa. Hal ini membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan cenderung menghafal materi sehingga hasil belajar yang dicapai rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV SDN Sumberagung IV Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya menggunakan model Quantum Learning didukung media lingkungan sekitar ? (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV SDN Sumberagung IV Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya menggunakan model Quantum Learning tanpa didukung media lingkungan sekitar ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Quantum Learning dengan menggunakan media lingkungan sekitar dengan tidak menggunakan media lingkungan sekitar terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya pada siswa kelas IV SDN Sumberagung IV Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang diperoleh thitung (7,625)? ttabel (1,6819). Nilai rata – rata kelas eksperimen 88,18. Nilai rata – rata kelas kontrol 68,63.
Simpulan dari penelitian, penerapan Quantum Learning didukung dengan media lingkungan sekitar ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya pada siswa kelas IV SDN Sumberagung IV Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 sesuai dengan hasil pengujian untuk taraf signifikan 1% menunjukkan bahwa t. hitung (7,625) ? t. tabel (2,4184) yang berakibat Ho ditolak, dan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa t. hitung (7,625) ? t. tabel (1,6819) maka Ho juga ditolak.