PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI TEKS (100-150 KATA) MELALUI MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

PUPUT SUMARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0267

Abstract

ABSTRAK Puput Sumarsih: Pengaruh Model CIRC Terhadap Kemampuan Menjelaskan Isi Teks (100-150 kata) melalui membaca intensif Siswa Kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam menjelaskan isi teks bacaan. Hal ini dikarena guru kurang mampu memilih model yang sesuai dengan materi pembelajaran membaca teks bahasa indonesia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model CIRC dengan tujuan siswa mampu dalam menjelaskan isi teks bacaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan isi teks (100-150 kata) tanpa menggunakan model CIRC siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan isi teks (100-150 kata) dengan menggunakan model CIRC siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh model CIRC terhadap kemampuan menjelaskan isi teks (100-150 kata) siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017? Peneltian ini menggunakan teknik penelitian Posttest – Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III di SDN Burengan 2 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis pengolahan data yang menggunakan uji –t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:(1) Tanpa menggunakan tanpa menggunakan model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) Kemampuan menjelaskan isi teks (100-150) kata melalui membaca intensif pada Siswa Kelas III SDN Burengan 2 nilai rata-tara sebesar 61,82 < KKM 70 (2) Penggunaan model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) Kemampuan menjelaskan isi teks (100-150) kata melalui membaca intensif pada Siswa Kelas III SDN Burengan 2 terbukti dengan nilai rata-tara sebesar 77,02 > KKM 70 (3) Ada pengaruh antara tanpa menggunakan model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition dengan menggunakan model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) Kemampuan menjelaskan isi teks (100-150) kata melalui membaca intensif pada Siswa Kelas III SDN Burengan 2, terbukti dengan hasil th= (4.451 ? 2,893). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam materi menjelaskan isi teks melalui membaca intensif siswa kelas III SDN burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 tanpa model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) belum mencapai nilai KKM. (2) Kemampuan siswa dalam materi menjelaskan isi teks melalui membaca intensif siswa kelas III SDN burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 dengan model CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) telah mencapai nilai KKM. (3) Model pembelajaran CIRC (Cooperatitive Integrated Reading and Composition) memiliki pengaruh yang signifikan (5%) terhadap kemampuan menjelaskan isi teks melalui membaca intensif siswa kelas III SDN burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Model CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition ), pengaruh, menjelaskan isi teks, membaca intensif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI