PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG BERBASIS TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KEREP KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

REVITA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0264

Abstract

ABSTRAK Revita Pratama. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Song Berbasis Talking Stick Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: model pembelajaran concept song berbasis talking stick dan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif juga membantu keberhasilan proses pembelajaran. Guru dituntut mampu membuat pembelajaran seinovatif mungkin sehingga membuat peserta didik tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Hal inilah yang membuat keberhasilan pembelajaran meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sebelum menggunakan model pembelajaran concept song berbasis talking stick pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan model pembelajaran concept song berbasis talking stick pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept song berbasis talking stick terhadap kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kerep yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t-hitung = 10,573 > t-tabel = 2,080 yang berarti H0 ditolak artinya: “Ada pengaruh model pembelajaran concept song berbasis talking stick terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016”. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan, dengan meningkatkan pembelajaran dalam mengembangkan inovasi pada model-model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN menjadi lebih baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI