PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG BERBASIS TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN
MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN
JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KEREP
KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI
TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
REVITA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0264
Abstract
ABSTRAK
Revita Pratama. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Song Berbasis Talking Stick Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: model pembelajaran concept song berbasis talking stick dan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif juga membantu keberhasilan proses pembelajaran. Guru dituntut mampu membuat pembelajaran seinovatif mungkin sehingga membuat peserta didik tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Hal inilah yang membuat keberhasilan pembelajaran meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sebelum menggunakan model pembelajaran concept song berbasis talking stick pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan model pembelajaran concept song berbasis talking stick pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept song berbasis talking stick terhadap kemampuan peserta didik menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016.
Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kerep yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t-hitung = 10,573 > t-tabel = 2,080 yang berarti H0 ditolak artinya: “Ada pengaruh model pembelajaran concept song berbasis talking stick terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kerep Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016”.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan, dengan meningkatkan pembelajaran dalam mengembangkan inovasi pada model-model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN menjadi lebih baik.